CERI Tengarai Direksi PHE Telah Dikendalikan Kartel Pabrikan Pipa Minyak

oleh

JAKARTA – Jajaran Direksi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) lagi-lagi bungkam atas surat konfirmasi yang telah dua kali dilayangkan Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) perihal Pemisahan Tender Line Pipe API 5 L dengan Pipe Pile ASTM A-252 di lingkungan Subholding PHE. 

“Secara resmi kami telah melayangkan surat konfirmasi sebanyak dua kali. Namun sama sekali tidak ada keterangan apa pun. Belakangan kami malah dapat informasi melalui Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama yang lebih dikenal dengan nama Ahok, bahwa benar adanya PHE serta seluruh anak perusahaannya tidak memisahkan tender pengadaan Line Pipe API 5 L dengan Pipe Pile ASTM A-252 itu,” ungkap Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, Senin (14/8/2023). 

Direksi PHE dalam keteranganya kepada  Komisaris Utama Pertamina menyatakan, “Semua bisa ikut tender dan belum diproses.” 

Yusri menyatakan pihaknya tidak habis pikir atas perilaku jajaran direksi PHE tersebut. “Untung saja Pertamina masih ada komisaris seperti Ahok yang sangat responsif terhadap adanya laporan dugaan penyimpangan,” kata Yusri. 

“Apa begini model direksi PHE dalam menjalankan proses bisnisnya, terkesan kental dikendalikan oleh kartel pipa. Padahal kita ketahui bahwa subholding PHE ini akan melakukan IPO,” lanjut Yusri. 

Yusri mengatakan, Menteri BUMN harus peduli dan menanyakan ke Komut Pertamina atas prilaku direksi PT PHE tersebut, bila perlu di evaluasi.

Yusri mengatakan, CERI melayangkan surat kedua kepada Direksi PHE setelah surat pertama tidak dijawab oleh Direksi PHE. CERI pun menembuskan surat kedua tersebut kepada BPK-RI, BPKP, KPK, Kejaksaan Agung, Menteri BUMN, Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Pertamina (Persero) holding dan anak-anak usaha PT PHE.

“Harusnya Dewan Direksi Pertamina dan Dewan Komisaris Pertamina Holding merekomendasikan ke Menteri BUMN untuk mengganti Direksi PT PHE. Mungkin merekalah sumber masalahnya,” kata Yusri. 

Baca Juga :   Mafia Judi Online 303 dan Mantan Narapidana Kasus Korupsi Diduga Kuasai Konsesi Tambang PT MHU

Yusri menegaskan, Direktur Utama PT PHE dan Direktur Dukungan Bisnis PT PHE yang kini dijabat Wiko Migantoro dan Oto Garnita harus dievaluasi posisinya. 

“Kedua orang ini juga diduga mengotaki sinergi BUMN yang menyebabkan inefisiensi sekitar 20 persen di proses bisnis di rumpun PHE. Masak sejenis pekerjaan WUR (Work Unit Rate) atau penyiapan lokasi pemboran juga dilakukan dengan skema sinergi BUMN, ini adalah kebijakan sontoloyo,” gumam Yusri. 

Hal itu menjadi tidak lucu, kata Yusri, lantaran pada prakteknya semua yang melaksanakan pekerjaan itu adalah kontraktor lokal.

“Sementara anak usaha BUMN ongkang-ongkang kaki tapi menikmati labanya, ibarat praktek mokondo,” tukas Yusri. 

Praktek Kartel

Terkait surat CERI ke Direksi PHE tersebut, Yusri menjelaskan, berdasarkan informasi yang diperoleh CERI dari berbagai sumber bahwa Subholding PT. Pertamina Hulu Energi beserta anak-anak usahanya setiap tahun sangat banyak membeli Line Pipe API 5 L dengan Pipe Pile ASTM A-252.

“Khusus kebutuhan PT. Pertamina Hulu Rokan, untuk dua jenis pipa tersebut di atas pada anggaran tahun 2023 mencapai hampir Rp 1 triliun. (Terlampir)

Jika ditotal anggaran kebutuhan kedua jenis pipa oleh Group PHE setiap tahun, bisa mencapai sekitar Rp 4 triliun.

Sayangnya, kebutuhan pipa tersebut selalu ditenderkan dalam satu paket, sehingga dugaan terjadi praktek kartel alias arisan sesama 4 (empat) perusahaan (PT. KHI, PT. BPI, PT. SPI. dan PT. ISP) selama ini sulit dibantah, sudah pasti Pertamina kehilangan kesempatan memperoleh efisiensi dari harga pengadaan yang kompetitif,” jelas Yusri.

Praktek tender yang selama ini dijalankan oleh Group PT PHE itu, kata Yusri, ternyata selain membuat Pertamina kehilangan kesempatan untuk memperoleh harga lebih murah, ternyata praktek itu melanggar Undang Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, kami segera akan menggugatnya ke KPPU terhadap praktek kartel di subholding PHE.

Baca Juga :   CERI Sentil Ketua Komisi VIII DPR Soal IUP Tambang Ormas: Jangan Berbicara Hal yang Bukan Tupoksinya

Oleh sebab itu, kata Yusri, CERI jauh-jauh hari menyarankan Direksi Subholding PT. Pertamina Hulu Energi dan anak-anak usahanya dalam pelaksanaan tender ke depan dapat dipisahkan antara tender Line Pipe API 5 L dengan tender Pipe Pile ASTM A- 252.

“Jika tender tersebut dipisahkan, maka akan banyak pabrikan dalam negeri bisa memproduksi Pipe Pile ASTM A-252 dengan TKDN yang memenuhi syarat sesuai aturan yang akan bisa ikut berpartisipasi mengikuti tender, sehingga dipastikan akan terjadi persaingan yang sehat dan harga yang kompetitif yang tentunya sangat menguntungkan Pertamina,” kata Yusri.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.